Jumat, 22 April 2011

Musthafawiyah: Perannya Yang Tak Terlupakan

       Pesantren Musthafawiyah, yang didirikan sekitar tahun 1912 adalah salah satu pesantren tertua dan terbesar di bumi nusantara, tak dapat dipungkiri bahwa pwsantren ini begitu berperan dalam pengembangan agama islam di indonesia, khususnya di propinsi sumatra utara. pesatren ini didirikan oleh seorang ulama panutan di sumatra utara yaitu Syekh Musthafa Husein Nasution, beliau merupakan orang Batak Mandailing asli. di tahun 1912 setibanya beliau dari Makkah setelah sekian lama menimba ilmu di kota suci itu, tepatnya Ma'had Sholatiyah yang terkenal di Makkkah, beliau kemudian mendirikan pesantren ini yang mula-mula beliau dirikan di desa Tanobato kecamatanLembah Sorik Marapi kabupaten Mandailing Natal. namun Pada tahun 1915 disebabkan sungai Aek Singolot meluap dan menggenangi sebagian besar wilayah desa Tanobato maka Mustahafawiyah pun di pindahkan ke desa Purba Baru sampai dengan sekarang.
      Tidak sampai satu tahun lagi usia Musthafawiyah akan mencapai satu abad, semoga semakin bertambah usianya semakin bertambah pula para Ilmuan-ilmuan islam yang di keluarkannya. dan semoga para Alumni-alumni dari pesantren ini benar-benar mampu dan mengamalkan ilmunya dalam masyarakat sekaligus menjadi panutan khususnya dalam hal keagamaan.
   
     Pesantren ini telah menelurkan Ratusan ribu Alumni dari semenjak 1912, dan Alhamdulillah telah melaksanakan Amanah-amanah penting Musthafawiyah untuk mengembangkan keislaman di Masyarakat, dan tidak sedikit juga yang sudah terjun di kancah pemerintahan. atau minimal para alumni-alumni ini akan menjadi tokoh agama atau panutan agama di desanya masing-masing. ini dapat dibuktikan bahwa kebanyakan tokoh-tokoh agama di desa-desa khususnya sumatra utara adalah para Alumnus Mustahafawiyah.
     Harapan kita, semoga kedepannya pesantren ini akan semakin berperan penting dalam pengembangan ilmu keislaman di indonesia, dan akan tetap berperan kuat dalam mempertahankan Aqidah Ahlissunnah Waljama'ah. dan semoga tidak terkena virus modernisasi islam yang sekarang ini marak kita saksikan.
                                                                                               
                                                                                                                     by : wong clik
                                                                                                                        Haru lubis


0 komentar:

Posting Komentar